spot_img
Saturday, June 15, 2024
spot_img
HomeBerita UtamaHacker Fest 2024, Membangun Kesadaran Terhadap Prinsip Dasar OSINT di Kalangan Para...

Hacker Fest 2024, Membangun Kesadaran Terhadap Prinsip Dasar OSINT di Kalangan Para Pengembang Keamanan

-

Surabaya – Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang keamanan siber dan pemanfaatan teknologi secara positif, Hacker Fest 2024 yang diselenggarakan di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya pada Sabtu (20/1) lalu memberikan fokus khusus pada pemahaman prinsip dasar OSINT (Open Source Intelligence) dan etika penggunaannya. 

Acara ini menjadi wadah bagi para peserta untuk mendalami konsep dasar OSINT, serta bagaimana teknologi ini dapat diimplementasikan secara etis dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam workshop yang diadakan, peserta diajak untuk memahami bahwa OSINT bukanlah tentang meretas atau mengeksploitasi data secara ilegal, tetapi lebih kepada pemanfaatan informasi terbuka untuk kepentingan positif. Prinsip dasar OSINT mencakup kecermatan dalam pengumpulan data, analisis yang teliti, dan penggunaan informasi dengan etika.

Surabaya Heaker Link memandu peserta dalam memahami teknik pengumpulan informasi terbuka yang efektif. Metode-metode ini mencakup penelusuran internet, analisis media sosial, pemantauan forum online, dan ekstraksi informasi dari dokumen publik. Dengan pemahaman yang mendalam tentang teknik-teknik ini, peserta diharapkan dapat mengoptimalkan keahlian mereka dalam mengumpulkan informasi tanpa melanggar privasi atau etika.

“Keahlian dalam teknik pengumpulan informasi terbuka dapat sangat bermanfaat dalam mendeteksi ancaman keamanan, menganalisis reputasi online, dan menyusun profil risiko digital,” kata Edo, seorang pakar keamanan siber dari Surabaya Heaker Link.

Hacker Fest 2024 tidak hanya memberikan pemahaman teoretis tentang OSINT, tetapi juga menekankan pentingnya keamanan siber pribadi. Peserta diberikan panduan praktis tentang cara melindungi identitas online, mengelola privasi di media sosial, dan meminimalkan risiko kebocoran informasi pribadi.

Dengan berakhirnya Hacker Fest 2024, harapan besar diletakkan pada perubahan sikap masyarakat terhadap penggunaan teknologi dan keamanan siber. Dengan memahami prinsip dasar OSINT dan etika penggunaannya, diharapkan masyarakat dapat menggunakan teknologi informasi secara bijak dan bertanggung jawab.

Demikian informasi tentang Hacker Fest 2024, Membangun Kesadaran Terhadap Prinsip Dasar OSINT di Kalangan Para Pengembang Keamanan. Semoga artikel ini menambah wawasan pembaca setia .id (Nabila)

Sumber : https://warta17agustus.com/web/beritadetail/peningkatan-kesadaran-keamanan-siber-dan-etika-penggunaan-osint.html

Related articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_4" header_color="#ea2e2e" f_header_font_family="522" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_style="italic" f_header_font_size="eyJsYW5kc2NhcGUiOiIxNSIsInBvcnRyYWl0IjoiMTQifQ==" facebook="tagDiv" twitter="tagdivofficial" youtube="tagdiv" instagram="tagdiv" style="style10 td-social-boxed td-social-colored" tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzIiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBob25lX21heF93aWR0aCI6NzY3fQ=="]
spot_img

Latest posts