spot_img
Tuesday, April 23, 2024
spot_img
HomeBerita UtamaGelar Pasukan Pengamanan TPS, Polresta Malang Kota Siap Kawal Pemilu Damai 2024

Gelar Pasukan Pengamanan TPS, Polresta Malang Kota Siap Kawal Pemilu Damai 2024

-

Gelar Pasukan Pengamanan TPS, Polresta Malang Kota Siap Kawal Pemilu Damai 2024

Suasana kegiatan gelar pasukan pengamanan TPS di Kota Malang jelang Pemilu Damai 2024. (Foto: Humas Polresta Malang Kota/TIMES Indonesia)
Suasana kegiatan gelar pasukan pengamanan TPS di Kota Malang jelang Pemilu Damai 2024. (Foto: Humas Polresta Malang Kota/TIMES Indonesia)

Kurang dari satu bulan lagi masyarakat Indonesia menyambut Pesta Rakyat dengan agenda besar nasional, yaitu Pemilu 2024. Dari berbagai sektor tentu telah mempersiapkan berbagai upaya pelaksanaan pengamanan dalam menyambut pemilu damai, termasuk Kota Malang.

Seperti yang telah dilakukan oleh Polresta Malang Kota dalam upaya pengamanan secara optimal pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang. Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto memimpin langsung pelaksanaan apel gelar pengecekan Personil Pengamanan TPS dan Deklarasi Damai Pemilu 2024 yang diikuti 500 personil gabungan.

Pria yang akrab disapa Buher ini mengajak seluruh anggotanya agar senantiasa memohon kepada sang Maha Kuasa untuk selalu diberikan kemudahan, kekuatan dan kelancaran dalam melaksanakan pengamanan, sehingga Kota Malang senantiasa dalam keadaan yang kondusif baik selama berlangsungnya masa Pemilu Damai 2024 maupun sehari-hari.

Tak hanya pesan spiritual Buher juga memberikan arahan kepada seluruh anggota agar memahami tugas-tugas selama pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

“Kita diuntungkan dengan kondisi geografis Kota Malang yang berada di wilayah perkotaan, sehingga mudah untuk dijangkau, maka saya berharap agar kita sebagai TNI Polri yang solid terus memahami terkait dengan tugas pengamanan berada di area Ring II atau di luar TPS,” ujar Buher, Senin (15/1/2024).

Polresta-Malang-Kota-a.jpg

Buher menyebut, seluruh petugas perlu pemahaman bahwa dalam TPS merupakan tugas kewenangan KPPS linmas dan pengawas pemilu 2024.

“Saya juga berharap kepada Padal dan Bhabinkamtibmas agar mengkoordinir anggota pengamanan di wilayah Kelurahan dalam melaksanakan pengamanan dan pengawalan surat suara dari PPS menuju TPS masing-masing dan juga sebaliknya,” ungkapnya.

Selain sinergitas TNI/Polri yang memberikan pengamanan, lanjut Buher, tentunya diturunkan pula dari satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas). Dari sebanyak 2452 TPS yang berada di Kota Malang, nantinya juga akan ditempatkan dalam setiap TPS masing-masing terdapat dua anggota linmas.

Terakhir, Buher secara tegas menekankan bahwa TNI/Polri harus tetap netral dan siap mengamankan Pemilu Damai 2024 mendatang. Ia juga ingin masyarakat yang menemui anggotanya yang tak netral, bisa melapor secara langsung.

“Sekali lagi perlu saya tekankan bahwa kami dari TNI Polri dan Pemerintah Kota Malang telah menyatakan netral dan siap untuk mengamankan Pemilu damai 2024. Namun terlepas dari itu semua, kami juga berharap adanya peran serta dari rekan-rekan parpol dan masyarakat luas agar berlangsungnya pemilu yang damai dan apabila ada anggota kami yang melanggar netralitas tersebut maka jangan segan-segan untuk melaporkannya kepada kami selaku Kepala Polresta Malang Kota,” tandasnya

Related articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
3,912FollowersFollow
21,600SubscribersSubscribe
spot_img

Latest posts