spot_img
Saturday, June 15, 2024
spot_img
HomeBerita UtamaKapolres Tanah Laut Dampingi Kunjungan Kerja Menteri Pertanian Dalam Rangka Pengembangan Lahan...

Kapolres Tanah Laut Dampingi Kunjungan Kerja Menteri Pertanian Dalam Rangka Pengembangan Lahan Rawa

-

Kapolres Tanah Laut Dampingi Kunjungan Kerja Menteri Pertanian Dalam Rangka Pengembangan Lahan Rawa

Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, ..K., menghadiri kegiatan Kunjungan Kerja Menteri Pertanian RI Bapak Dr.Ir. Andi Amran Sulaiman, M.P beserta rombongan dalam rangka Gerakan Nasional Progam Pengembangan Lahan Rawa Tadah Hujan Di Desa Padang Kecamatan Bati Bati Kabupaten Tanah Laut, Kamis (16/11).

Kedatangan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman ke Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (16/11/2023), membawa angin segar bagi kalangan petani di daerah ini.

Pasalnya Mentan memasukkan Tala ke dalam daftar daerah yang menjadi sasaran Program Optimasi Lahan Rawa. Dengan begitu lahan rawa yang selama ini kurang tersentuh dapat diberdayakan menjadi lahan produktif budidaya tanaman padi.

Penjabat (Pj) Bupati Tala H Syamsir Rahman mengatakan program optimasi lahan rawa yang dilakukan Mentan Amran sangat bagus karena memang sangat dibutuhkan pemerintah daerah dan petani.

Melalui program tersebut tanggul dan saluran irigasi yang rusak dapat diperbaiki kembali. Jadi, lahan sawah dapat ditanami kembali secara lancar.

Lebih dari itu indeks pertanaman juga berpeluang besar ditingkatkan. Jika selama ini umumnya petani baru satu kali tanam selama setahun, maka dapat ditingkatkan menjadi dua kali tanam.

Syamsir yang juga menjabat kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalsel ini mengatakan dulu Program Serasi (selamatkan rawa sejahterakan petani) di Tala pun dapat dilaksanakan secara baik dan berhasil.

Saat itu, tanggul-tanggul di lahan persawahan bagus sehingga pengairan pun menjadi bagus pula. Namun setelah adanya banjir selama sepuluh hari yang sangat besar sehingga menyebabkan kalangan petani patah semangat.

Kala itu dikatakannya tanggul-tanggul semua rusak. Saluran-saluran air juga putus diterjang banjir.

“Kami senang hari ini Pak Menteri hadir membawa program optimasi lahan rawa sehingga tanggul yang rusak bisa diperbaiki. Insya Allah pertanaman padi juga bisa dinaikkan menjadi dua kali setahun,” kata Syamsir.

Orang nomor satu di Tala ini turut mendampingi Amran meninjau lahan rawa yang menjadi sasaran program optimasi lahan rawa di Desa Padang, Kecamatan Batibati.

Selain berjalan kaki ratusan meter guna melihat dari dekat lahan rawa setempat dan normalisasi tanggul, Amran dan Syamsir juga naik trail menjelajahi lahan rawa di titik lainnya.

Turut serta naik trail Kapolres Tala AKBP Rofikoh Yunianto. Juga hadir di lokasi Dandim 1009/Tanah Laut Letkol (Inf) Indar Irawan dan Kajari Tala Teguh Imanto.

 

Related articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_4" header_color="#ea2e2e" f_header_font_family="522" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_style="italic" f_header_font_size="eyJsYW5kc2NhcGUiOiIxNSIsInBvcnRyYWl0IjoiMTQifQ==" facebook="tagDiv" twitter="tagdivofficial" youtube="tagdiv" instagram="tagdiv" style="style10 td-social-boxed td-social-colored" tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzIiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBob25lX21heF93aWR0aCI6NzY3fQ=="]
spot_img

Latest posts