spot_img
Saturday, July 13, 2024
spot_img
HomeBerita UtamaMengenal Sosok Kombes Yusep, Calon Wakapolda Jatim yang Dekat dengan Bonek

Mengenal Sosok Kombes Yusep, Calon Wakapolda Jatim yang Dekat dengan Bonek

-

Mengenal Sosok Kombes Yusep, Calon Wakapolda Jatim yang Dekat dengan Bonek

Surabaya – Kombes Akhmad Yusep Gunawan diangkat dan akan dilantik sebagai Wakapolda Jawa Timur. Karier perwira menengah (pamen) Polri yang saat ini menjabat Kapolrestabes Surabaya ini cukup moncer. Yusep juga dikenal sebagai sosok polisi berprestasi dan dekat dengan Bonek, suporter Persebaya.
Yusep merupakan polisi kelahiran Tasikmalaya, 12 Juni 1973. Ia memulai karier kepolisian usai melakoni pendidikan Akpol tahun 1996. Selain itu, ia juga pernah menjadi lulusan terbaik Polri di pendidikan Sesko TNI tahun 2019.

Perwira menengah Polri ini sejak 26 Juli 2021 mengemban amanah sebagai Kapolrestabes Surabaya. Di Surabaya, Yusep dikenal memiliki hubungan baik dengan Persebaya dan pendukungnya, Bonek.

Salah satu tindakan Yusep yang dikenang Bonek, yakni saat dirinya mengawal pemain Persebaya hingga selamat kembali ke Surabaya saat Tragedi Kanjuruhan pecah.

Yusep dikenal memiliki keahlian di bidang reserse. Sejumlah jabatan strategis pernah diembannya.

Tak hanya itu, nama Yusep juga cukup dikenal di kalangan warga Jawa Timur. Ia pernah menjabat sebagai kapolres di sejumlah Polres jajaran Polda Jatim.

Karir moncer Yusep di Jatim diawali saat ia menjadi Kasubdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim. Tak berlangsung lama, Yusep mendapat promosi jabatan sebagai Kapolres Jombang pada 2014.

Salah satu terobosan yang dilakukan Yusep saat itu yakni memperkenalkan program Penurunan Berat Badan (PBB). Program razia polisi gendut ini, bertujuan untuk meningkatkan kinerja polisi di Jombang. Di Jombang, Yusep juga memiliki kedekatan dengan sejumlah ulama Kota Santri.

Setelah setahun di Jombang, Yusep kembali dimutasi sebagai Kapolres Kediri pada 2016. Di Kediri, ia mencetuskan ide program layanan elektronik tilang (e-Tilang). Selain merupakan terobosan baru, e-Tilang memudahkan pelanggar lalu lintas untuk membayar dendanya.

Ide cemerlangnya Yusep mendapat apresiasi dari Mabes Polri. Saat ini, sistem e Tilang juga telah diterapkan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Selanjutnya, Yusep pernah menjabat sebagai Wadirreskrimsus Polda Metro Jaya pada 2016, lalu Kapolresta Bandara Soetta Polda Metro Jaya di 2017 dan Dirpamobvit Polda Maluku pada 2018.

Di 2018, Yusep kembali berkarier di Polda Jatim. Saat itu, ia menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Jatim. Saat menjabat Dirreskrimsus Polda Jatim, Yusep dikenal publik saat ia membongkar prostitusi artis yang melibatkan artis Vanessa Angel hingga selebgram Avriellya Shaqilla.

Lalu, Yusep menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri di 2019 dan menjadi Kabag Renmin Divkum Polri tahun 2020.

Baru di tahun 2021, Yusep kembali ke Polda Jatim dan menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya hingga Februari 2023.

Related articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_4" header_color="#ea2e2e" f_header_font_family="522" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_style="italic" f_header_font_size="eyJsYW5kc2NhcGUiOiIxNSIsInBvcnRyYWl0IjoiMTQifQ==" facebook="tagDiv" twitter="tagdivofficial" youtube="tagdiv" instagram="tagdiv" style="style10 td-social-boxed td-social-colored" tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzIiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBob25lX21heF93aWR0aCI6NzY3fQ=="]
spot_img

Latest posts