spot_img
Thursday, March 28, 2024
spot_img
HomeBerita UtamaMembanggakan Presiden Jokowi Masuk Urutan Ke 13 Sebagai Tokoh Muslim Paling Berpengaruh...

Membanggakan Presiden Jokowi Masuk Urutan Ke 13 Sebagai Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Di Dunia

-

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menorehkan prestasi membanggakan.

Kali ini, masuk daftar 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia pada 2023.

Jokowi menduduki peringkat ke-13 dalam daftar The World’ 500 Most Influential Muslim 2023.

Jokowi disebut memiliki pengaruh di bidang politik dengan 78 juta followers di media sosial dan mengelola delapan situs Warisan Dunia.

Disebutkan pula rekam jejak Jokowi dari Wali Kota Solo hingga menjadi Gubernur DKI Jakarta, lalu Presiden Indonesia, serta budaya blusukan yang ia terapkan untuk membangun hubungan dengan publik.

The World’s 500 Most Influential Muslim 2023 turut menyebutkan bahwa Jokowi termasuk “politikus bersih” dengan terhindar dari korupsi dan yang banyak melekat di politikus lainnya.

Dilansir dari publikasi The World’s 500 Most Influential Muslims 2023, Senin (31/10/2022), berada satu tingkat di bawah ulama asal Arab Saudi, Sheikh Salman Al Ouda, yang menduduki peringkat ke-12.

Urutan ke-14 ditempati Sheikh Dr Ahmad Muhammad Al-Tayyeb, guru besar sekaligus imam besar di Universitas Al-Azhar.

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud menempati urutan pertama dalam daftar 500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia 2023.

Selanjutnya diikuti Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei di urutan kedua, dan Emir Qatar yakni Syekh Tamim bin Hamad Al Thani di posisi ketiga

Ada juga Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan di peringkat keempat, dan pemain Liverpool Mohamed Salah di posisi ke-39.

Dalam susunan daftar The World’s 500 Most Influential Muslim 2023 yang bisa Anda lihat di sini, disebutkan bahwa publikasi ini bertujuan mengukur pengaruh beberapa orang muslim dalam komunitas atau atas nama komunitas.

Pengaruh yang dimaksud adalah setiap orang dengan kekuatan membuat perubahan yang akan berdampak signifikan terhadap dunia muslim atau umat Islam, baik itu berupa budaya, ideologi, keuangan, politik, maupun lainnya.

The World’s 500 Most Influential Muslim 2023 menyatakan, pengaruh tersebut bisa positif dan negatif tergantung sudut pandang masing-masing orang.

Namun, mereka menekankan, publikasinya tidak mendukung pandangan orang-orang yang dimaksud dan hanya mencoba mengukur pengaruhnya.

Beberapa pemimpin milisi juga masuk daftar ini, antara lain pemimpin Houthi, yakni Abdul Malik Al Houthi (peringkat ke-31) dan pemimpin Taliban, yaitu Mullah Haibatullah Akhundzada (peringkat ke-49).

Untuk posisi 50 besar, The World’s 500 Most Influential Muslim 2023 mencantumkan profil orang-orang yang masuk daftar ini.

Sementara itu di daftar Top 50, bukanlah orang Indonesia satu-satunya.

Di urutan ke-19, terdapat nama Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul ‘Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf.

Pada tahun sebelumnya, Yahya Cholil berada dalam daftar 450.

Lalu Habib Luthfi bin Yahya berada di urutan ke-30, di mana tahun sebelumnya berada di urutan 32.

Kemudian, dari daftar top 50 tokoh muslim berpengaruh tersebut, dikelompokkan lagi menjadi sejumlah kategori.

Adapun kategori itu di antaranya pemimpin dan politisi, ulama dan akademisi, tokoh media, ilmuwan, atlet, serta selebritas.

Untuk kategori pemimpin dan politisi, menduduki peringkat ke-9.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan berada di posisi keempat.

Related articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
3,912FollowersFollow
21,600SubscribersSubscribe
spot_img

Latest posts