spot_img
Sunday, April 14, 2024
spot_img
HomeSapulidi NusantaraKegiatan SapulidiJokowi Beri Arahan Terkait Kasus Ginjal Akut Anak

Jokowi Beri Arahan Terkait Kasus Ginjal Akut Anak

-

() memberikan arahan penting terkait kasus gagal ginjal akut pada anak di Indonesia yang  saat ini tercatat meningkat.
memerintahkan pengawasan terhadap industri obat diperketat. Menurutnya merupakan tugas bersama untuk menangani kasus gagal ginjal akut pada anak di Indonesia.


“Yang paling penting pengawasan terhadap industri obat harus diperketat lagi. Tugasnya semuanya,” kata di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/10/2022).

menilai penjelasan mengenai kasus gagal ginjal akut sudah disampaikan oleh Menkes Budi Gunadi Sadikin secara detail, pada Jumat (21/10/2022) siang.

dikutip dari detiknews, diketahui sebelumnya, Menkes mengungkap hasil penelusuran cemaran etilen glikol dan dietilen glikol di obat sirup. Hal ini berdasarkan temuan pada kasus kematian anak gagal ginjal akut yang dilaporkan di RSCM.

Setelah dianalisis, tujuh dari 11 pasien gagal ginjal akut di RSCM positif memiliki cemaran etilen glikol dan dietilen glikol. Zat atau senyawa berbahaya yang ditemukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berisiko pada ginjal, seperti kasus yang terjadi di Gambia. Menkes mengatakan lebih dari 50 persen kasus kematian disebabkan senyawa kimia. Menkes menjelaskan juga dietilen glikol masuk dalam ginjal maka dapat berubah menjadi kristal-kristal yang tajam.

Karenanya, langkah konservatif yang dilakukan Kemenkes RI adalah melarang penjualan obat-obat yang mungkin tercemar DEG dan EG untuk menghindari risiko kasus kematian terus bertambah.

Related articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
3,912FollowersFollow
21,600SubscribersSubscribe
spot_img

Latest posts