spot_img
Saturday, July 27, 2024
spot_img
HomeBerita UtamaSambut Hari Bhayangkara ke-78, Polresta Malang Kota Gelar Napak Tilas dan Bakti...

Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polresta Malang Kota Gelar Napak Tilas dan Bakti Religi

-

Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polresta Malang Kota Gelar Napak Tilas dan Bakti Religi

Kota Malang – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara Ke-78, Polresta Malang Kota menggelar kegiatan Bakti Religi yang diikuti oleh puluhan personelnya.

Anggota Polresta Malang Kota fokus dengan membersihan rumput, perawatan, dan pengecatan tempat ibadah maupun bangunan bersejarah.

Beberapa lokasi yang menjadi sasaran Bakti Religi diantaranya Rumah Dinas di Jl Dr. Cipto, Monumen Brimob, Masjid Baiturrohman. (Jumat, 07/06)

“Rumah Dinas tersebut memiliki history sejarah, pernah ditempati Pahlawan Nasional Komisaris Jenderal Polisi (Purn) DR. H. Moehammad Jasin” Ungkap Buher saat ditemui awak media di kantor Unit Gakkum Satlantas.

IMG 20240607 WA0059 1

Gedung bersejarah tersebut, saat ini difungsikan sebagai kantor Unit Gakkum Satlantas Polresta Malang Kota.

Bakti Religi titik kedua menyasar Tugu Monumen Brimob Tlogowaru di Jl Ry. Baiturrohman, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Anggota Polresta Malang Kota bersinergi dengan Brimob Ampeldento, TNI, Linmas, warga setempat, mulai membersihkan, pengecatan pagar Monumen Brimob Tlogowaru

“Monumen Brimob Tlogowaru yang berdekatan dengan Masjid Baiturrohman kedua bangunan ini merupakan simbol penting dan bersejarah bagi Polri” Ujar Buher.

IMG 20240608 WA0299

“Kerja Bakti membersihkan Monumen Brimob dan Masjid Baiturrohman, Polresta Malang Kota bersinergi dengan anggota Brimob Ampeldento, TNI, Linmas dan Warga Kelurahan Tlogowaru” Jelas Buher.

Masjid Baiturrohman hingga kini masih tetap aktif dimanfaatkan untuk ibadah masyarakat sekitar, dan sisi timur Masjid dimanfaatkan untuk Pendidikan PAUD.

Bakti Religi selain melestarikan sejarah sekaligus memperkuat Semangat Kebersamaan khususnya pada generasi Muda

IMG 20240607 WA0295

Buher menuturkan bahwa Bakti Religi ini tidak hanya dilakukan menjelang Hari Bhayangkara saja.

“Bakti Religi bagian dari tugas pokok Polri dalam memelihara kamtibmas, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat” Ujarnya.

Lebih lanjut, BuHer menjelaskan bahwa kegiatan ini juga menjadi wujud kehadiran Polri di tengah masyarakat, dengan melibatkan personel Polri muda untuk bersinergi bersama warga sekitar dalam merawat dan menjaga bangunan bersejarah.

“Hadirnya Polri di tengah masyarakat ini menjadi momentum untuk memperkuat semangat kebersamaan dan pelayanan Polri kepada masyarakat,” Tambahnya Buher.

IMG 20240608 WA0008 1

Bakti Religi ini juga menjadi bentuk penghormatan kepada jasa para pahlawan kemerdekaan, khususnya Polri.

“Dengan napak tilas peninggalan Komisaris Jenderal Polisi (Purn) DR. H. Moehammad Jasin, BuHer berharap para personel Polri muda dapat menjadikan beliau sebagai suri tauladan dalam pengabdian mereka kepada negara.” Pungkas Buher.

Perlu kita ketahui, bahwa Komjen Pol (Purn) DR. H. Moehammad Jasin merupakan sosok penting dalam sejarah Polri. Beliau dikenal sebagai Bapak Brimob Polri dan memiliki peran sentral dalam memproklamasikan Polisi Istimewa atau “Tokubetsu Kaisatsu Tai” menjadi “Polisi Republik Indonesia”.

Bakti Religi yang digelar oleh Polresta Malang Kota ini merupakan kegiatan yang bermanfaat, tidak hanya bagi masyarakat sekitar, tetapi juga bagi para personel Polri muda untuk meneladani jasa para pahlawan dan membangun semangat kebersamaan dalam melayani masyarakat.

Related articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_4" header_color="#ea2e2e" f_header_font_family="522" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_style="italic" f_header_font_size="eyJsYW5kc2NhcGUiOiIxNSIsInBvcnRyYWl0IjoiMTQifQ==" facebook="tagDiv" twitter="tagdivofficial" youtube="tagdiv" instagram="tagdiv" style="style10 td-social-boxed td-social-colored" tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzIiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBob25lX21heF93aWR0aCI6NzY3fQ=="]
spot_img

Latest posts