spot_img
Thursday, April 18, 2024
spot_img
HomeBerita Utama6 Instruksi Jokowi untuk Bantu Korban Gempa Cianjur: Janjikan Bantuan hingga Proses...

6 Instruksi Jokowi untuk Bantu Korban Gempa Cianjur: Janjikan Bantuan hingga Proses Evakuasi

-

6 Instruksi Jokowi untuk Bantu Korban Gempa Cianjur: Janjikan Bantuan hingga Proses Evakuasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Selasa (22/11/2022) mengunjungi Cugenang, Cianjur, Jawa Barat yang menjadi wilayah paling parah terdampak gempa bumi dengan magnitudo 5,6 pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB. Dalam kunjungan itu, Jokowi menyampaikan duka cita kepada warga yang terdampak gempa. “Atas nama pribadi, atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan duka cita mendalam, belasungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat,” ujar Jokowi sebagaimana dipantau dari tayangan siaran langsung Kompas TV. Beberapa lokasi yang ditinjau langsung Presiden yakni rumah sakit, daerah terdampak bencana, dan posko pengungsian.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, perjalanan menuju Cianjur ini ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat meskipun Kepala Negara bisa menggunakan helikopter. “Presiden lebih memilih menggunakan mobil untuk memastikan akses jalan yang sempat tertutup akibat gempa, sudah kembali terbuka,” ujar Bey dilansir dari siaran pers Sekretariat Presiden. Presiden ingin memastikan bantuan logistik, seperti makanan, minuman, obat-obatan, sembako tidak menemui hambatan dalam pengiriman.

Berikut ini rangkuman instruksi Jokowi terkait penanganan korban gempa di Cianjur.

1. Minta dahulukan evakuasi korban yang tertimbun Jokowi memerintahkan supaya evakuasi para korban yang tertimbun didahulukan. “Untuk korban-korban yang masih tertimbun, saya juga telah perintahkan agar itu didahulukan evakuasinya, penyelamatan didahulukan,” ujar Jokowi sebagaimana dipantau dari tayangan siaran langsung Kompas TV. Jokowi mengatakan sudah memerintahkan Menteri PMK Muhadjir Effendy, BNPB, Basarnas dan Kementerian PUPR beserta seluruh jajarannya untuk membantu penanganan gempa di Cianjur, terutama, kata dia, yang menyangkut pembukaan akses jalan yang terkena longsor.

2. Janjikan bantuan perbaikan rumah korban gempa Presiden Jokowi juga menyampaikan pemerintah akan memberikan bantuan untuk perbaikan rumah-rumah warga di Cianjur yang rusak berat akibat gempa. “Dan yang ketiga untuk nantinya rumah-rumah yang rusak berat yang rusak ringan, yang rusak sedang pemerintah akan memberikan bantuan,” kata Jokowi. Untuk pemilik rumah rusak berat, akan diberikan bantuan Rp 50 juta. Lalu, warga yang rumahnya rusak sedang diberikan bantuan Rp 25 juta. “Dan yang ringan diberikan bantuan Rp 10 juta,” kata Jokowi.

3. Sarankan rumah pakai standar anti gempa Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan rumah-rumah yang rusak akibat gempa bumi di Cianjur harus menggunakan standar bangunan antigempa yang sudah diatur oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Yang paling penting adalah pembangunan rumah-rumah terkena gempa bumi ini diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan yang antigempa oleh Menteri PUPR,” ujar Jokowi. “Karena tadi disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan, sehingga pembangunan rumahnya kita arahkan untuk yang rumah antigempa,” kata Jokowi.

4. Minta buka daerah terisolasi dampak gempa pakai helikopter Presiden Jokowi sempat menggelar rapat terbatas di lokasi pengungsian korban gempa di Taman Prawatasari, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Dalam rapat itu, Presiden Jokowi menyarankan supaya menggunakan seluruh fasilitas, termasuk helikopter, buat membuka akses ke daerah terisolasi akibat dampak gempa. “Dahulukan (yang terisolasi), kalau perlu pakai heli, pakai heli. Kalau tidak bisa pakai darat, pakai heli,” ujar Presiden Jokowi. “Ada beberapa daerah yang masih terisolasi, kami berusaha buka,” jawab Kepala BNPB Suharyanto.

5. Minta perbaikan infrastruktur dilakukan saat kondisi aman Dalam rapat terbatas itu, Presiden Jokowi juga meminta supaya proses perbaikan infrastruktur, fasilitas umum, dan rumah warga yang terdampak gempa di Cianjur dilakukan setelah kondisi aman dan tenang. “Kemudian, kalau sudah tenang, reda, langsung dimulai saja (perbaikan infrastruktur),” ujar Jokowi sebagaimana dilansir dari siaran pers Sekretariat Presiden.

6. Perintahkan tenda darurat ditambah Presiden Jokowi juga meminta supaya tenda darurat ditambah supaya bisa menampung korban dan pasien di rumah sakit. “Kalau untuk darurat, tendanya ditambah saja,” ujar mantan Wali Kota Solo tersebut. Menjawab instruksi tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa pihaknya dan TNI Angkatan Darat sudah mendirikan rumah sakit darurat di halaman. “Kita bikin rumah sakit darurat Pak, Angkatan Darat, di halaman pendopo. Masih banyak yang khawatir dirawat di gedung,” kata Ridwan Kamil.

Related articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
3,912FollowersFollow
21,600SubscribersSubscribe
spot_img

Latest posts